VAR Express

cara import barang dari China ke Indonesia

Mudah, 3 Cara Import Barang dari China

Cara Import Barang dari China tidak sulit. Negara China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Sejak dulu, negara kita sudah sering mengimpor berbagai produk dari China, termasuk juga makanan dan minuman, baik itu melalui jalur perdagangan angkutan udara ataupun laut. Untuk mengirimkan barang dari China ke Indonesia sendiri, jarak yang harus ditempuh bisa bervariasi. Jika melewati jalur angkutan udara, maka jarak dari bandara Beijing ke Jakarta adalah 5.200 km. Sedangkan jika melewati jalur angkutan laut, maka jarak dari pelabuhan Shenzen ke Jakarta adalah 3.290 km.

Nah, jika Anda merasa tertarik untuk mengimpor dari China namun masih tidak tahu bagaimana cara Import Barang dari China atau harus menggunakan jalur apa, berikut beberapa informasi yang akan membantu mempermudah pengiriman Anda.

Cara Import Barang dari China

1. LCL Laut

LCL (Less than Container Load) merupakan jasa pengiriman yang mengharuskan Anda untuk saling berbagi ruang kontainer dengan orang lain yang juga mengimpor barang dari China. Karena Anda akan berbagi kontainer dengan yang lainnya, tentunya dengan jasa pengiriman LCL, Anda dapat mengimpor barang dengan harga yang lebih murah dan juga jumlah yang sedikit tanpa ada minimal pengiriman. Jasa pengiriman jenis ini sangat cocok sekali bagi Anda yang hanya ingin mengimpor barang dengan kapasitas kecil.

Kendati barang Anda akan digabung dengan barang milik orang lain, namun Anda tidak perlu khawatir akan tertukar atau hilang. Karena setiap barang yang diimpor akan tetap mendapatkan asuransi serta garansi, sehingga barang kiriman Anda tetap terjamin kemanannya.

2. FCL Laut

Berbeda dengan pengiriman LCL yang mengharuskan Anda berbagi kontainer dengan orang lain, jasa pengiriman FCL (Full Container Load) memberikan Anda kapasitas ruang yang lebih besar, sehingga Anda dapat mengimpor satu kontainer yang hanya dikhususkan untuk barang Anda saja. Jasa pengiriman ini sangat cocok jika Anda ingin mengimpor barang dalam jumlah banyak, karena satu kontainer mampu menampung barang hingga 78 CBM.

Berbeda dengan pengiriman LCL yang tersedia untuk jalur laut dan udara, jasa pengiriman FCL hanya tersedia khusus jalur angkutan laut saja.

3. LCL Udara

Sama seperti pengiriman LCL via laut, LCL udara mengharuskan Anda berbagi kontainer dengan orang lain, namun perbedaannya terletak pada jalur pengirimannya saja. Jika dengan LCL laut barang dikirim menggunakan kapal ke pelabuhan, maka LCL udara melakukan pengiriman menggunakan pesawat. Tentunya jasa pengiriman ini merupakan opsi terbaik bagi Anda yang ingin mengimpor barang dengan waktu yang lebih cepat.

Sebab umumnya pengiriman barang dari China ke Indonesia melalui jalur laut akan membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari, sementara pengiriman jalur udara biasanya hanya akan memakan waktu sekitar 14 hari saja.

Nah, jika Anda merasa tertarik untuk mengimpor barang dari China namun tidak mengerti cara import barang dari China, VAR Express sebagai importir barang China yang sudah berpengalaman menyediakan berbagai jasa layanan pengiriman termasuk LCL dan FCL, baik via udara ataupun laut. Selain itu, jasa impor kami juga menggunakan sistem all in yang mencakup biaya pengiriman, pajak, asuransi, dan garansi, sehingga Anda tidak perlu mebayar biaya tambahan lainnya.

Jika ada pertanyaan atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp kami di +6281282043328 atau alamat email kami di varexpress225@gmail.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *