VAR Express

importir

Dunia Importir: Apa Itu HS Code?

Jika Anda adalah seseorang yang sering menggunakan jasa importir dan sering melakukan kegiatan import, maka mungkin Anda sudah tahu apa itu HS Code. Tetapi, mungkin masih banyak diantara Anda yang belum pernah menggunakan importir ataupun sudah pernah, tapi belum mengerti makna HS Code dan apa itu HS Code. 

Yuk, mari simak lebih lanjut tentang HS Code. 

HS Code

Ketika Anda Menggunakan Sebuah Importir, Pernahkah Anda Bertanya, “Apa sih HS Code?” 

HS Code adalah singkatan dari The Harmonized Commodity Description and Coding System. HS Code merupakan sebuah daftar yang menggolongkan barang-barang sehingga penarifan, pengangkutan, transaksi perdangan dan statistik lainnya dapat dipermudah. Dan lagi, HS Code dibuat sebagai standar internasional atas sistem yang memberi nama dan nomor untuk meng-klasifikasikan barang-barang ataupun produk perdanganan. Ini dikelola oleh World Customs Organization (WCO) yang mempunyai lebih dari 170 negara sebagai anggota nya. 

HS Code ini terdiri sebenarnya dari enam angka, namun Indonesia telah mengikuti ASEAN Harmonized Tariff Nomenclature (AHTN) dari ASEAN yang mengadopsi penggunaan 8 angka. Dua angka pertama mengidentifikasi sebuah bab sebagai klasifikasi pertama. Empat angka selanjutnya dijuluki sebagai Pos WCO. Pos WCO mengartikan bahwa secara internasional, semua kode HS di dunia mempunyai barang yang sama di dalam pos ini dan meng-indikasikan pengelompokan dalam satu bab. Selanjutnya, dua angka berikutnya dan empat angka sebelumnya  diberi julukan subpos WCO.

Negara-negara yang mengadopsikan cara WCO ini, diperkenankan untuk mengembangkan klasifikasi barang agar lebih spesifik dan melibihi 6 angka tersebut. Tetapi, 6 angka tersebut tidak diperbolehkan untuk diubah karena telah disesuaikan agar sesuai dengan standar WCO. 

HS Code juga bergunna kepada importir dan para pelaku kegiatan import. 

Ketika Anda menggunakan jasa importir, Anda mungkin mempertanyakan apa guna mengenai HS Code? HS Code juga berguna sebagai dasar untuk mengkumpulkan statistik perdagangan internasional, menentukan rules of origin, tarif bea cukai, tarif transportasi, dan lain-lain. 

Importir-importir Indonesia seharusnya sudah tahu bahwa di Indonesia sendiri, HS Code kita terdiri dari 10 angka. 10 angka ini akan meng-indikasikan berapa besar tarif nasional yang diambil dari BTBMI. 

Jika Anda ingin Mencari Tahu HS Code Sebuah Barang Sebelum Menggunakan Importir 

Bila Anda penasaran dan ingin mengecek apa HS Code barang yang Anda ingin import, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sekarang, ada banyak cara untuk Anda agar bisa mengecek HS Code barang-barang berbeda sendiri loh. Ana bisa meng-akses website  

  1. Melalui BTKI Bea Cukai via http://www.beacukai.go.id/btki 
  2. Melalui portal INSW via https://intr.insw.go.id/
  3. Melalui Kementrian Perdagangan via portal inatrade melalui http://inatrade.kemendag.go.id/

Nah sekarang Anda sudah mengerti sedikit banyak tentang HS Code dalam dunia importir ini. Anda bisa juga loh memulai bisnis import atau melakukan kegiatan import dengan menggunakan jasa-jasa importir untuk membantu Anda. Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan VAR Express!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *