VAR Express

importir

Dunia Importir: LCL vs FCL

Apakah Anda ingin menjadi seorang pebisnis importir yang bisa membuka peluang bisnis yang cukup besar jika Anda berhasil? Jika Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk menjadi pebisnis importir, tentu Anda sudah mengetahui bahwa sekarang, import bisa dipermudah dengan menggunakan jasa-jasa freight forwarding atau, dalam nama lain, jasa import. Dengan adanya jasa-jasa seperti ini, Anda sebagai importir pun akan merasa lebih nyaman dan tidak ribet ataupun pusing saat melakukan kegiatan import untuk bisnis Anda. 

Bisnis yang berbasis import ini bisa sangat menguntungkan bagi para importir yang tahu bagaimana memanfaatkannya. Ini dikarenakan oleh kemudahan peluang bisnis yang ditawarkan bagi pihak-pihak yang bisa melihat peluang ini. Para pebisnis importir pun juga harus terlebih dahulu mengerti minat pasar dan barang yang ingin di import ke dalam tanah air sehingga bisa memprediksi keuntungan dan melakukan kalkukasi serta analisa bisnis kedepannya. Salah satu contoh model internasional bisnis yang bisa dipelajari pebisnis adalah Porter’s Five Forces Analysis.

Tidak hanya ini, para pebisnis importir pun juga harus bisa menerapkan strategi marketing yang bagus agar bisnis nya lebih dikenal di masyarakat dan juga menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Strategi marketing yang dipilih sangatlah penting karena strategi marketing yang tepat bisa membuat bisnis yang awalnya sederhana menjadi besar. Serta sekarang dengan adanya platform sosial media, strategi marketing yang ditawarkan importir kepada dunia bisa sangat bervariasi dan Anda bisa menggunakan ketersediaan sosial media agar berpihak kepada bisnis Anda. 

Selanjutnya, jika Anda ingin menjadi seorang importir, maka Anda terlebih dahulu perlu mengenal istilah-istilah yang sering disebut seputar kegiatan import. Istilah-istilah import yang dibahas di artikel ini adalah LCL dan FCL. Tentu, jika Anda sudah melakukan riset seputar import ketika Anda tertarik untuk menjadi pebisnis importir, maka Anda telah berpapasan dengan istilah LCL dan FCL ini. Namun, apakah arti dari kedua istilah ini dan apa yang membedakannya dari satu sama lain? Yuk, mari kita simak bersama di artikel ini. 

LCL vs FCL

Seputar Importir: LCL vs FCL 

LCL (Less than Container Load) 

LCL merupakan singkatan dari Less than Container Load. Arti dari istilah ini bisa diartikan secara langsung dari nama nya. LCL merupakan sebuah kegiatan import dimana Anda tidak perlu meng-import barang secara banyak sehingga muat satu container. Barang import Anda akan dikirim secara bersamaan dengan barang-barang import orang lain sehingga Anda bisa meng-import dalam jumlah yang lebih kecil. 

FCL (Full Container Load)

FCL merupakan singkattan dari Full Container Load. Arti dari istilah ini juga bisa diartikan secara langsung dari nama nya. FCL merupakan sebuah proses import dimana Anda meng-import barang dalam jumlah yang banyak dan isi container tersebut semua hanya barang milik Anda dan tidak dicampur oleh barang orang lain. 

Menjadi Importir Dengan Mudah Bersama VAR Express

Jika Anda tertarik untuk melakukan kegiatan import untuk alasan bisnis Anda, Anda bisa langsung hubungi VAR Express untuk mendampingi proses import Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *