VAR Express

forwarder china

Forwarder China dan LCL

Apakah Anda sudah mengenal istilah “forwarder China” dan jasa import “LCL” yang ditawarkan? Bagi Anda yang belum tahu apa itu forwarder China, jasa tersebut menawarkan Anda kemudahan dalam meng-import barang loh. Contohnya, ketika Anda ingin membeli barang dari China dan tidak bisa berbahasa mandarin atau tidak mengerti cara mencari barang di marketplace China seperti 1688 atau Taobao, maka Anda bisa meminta tolong forwarder pilihan Anda untuk berbicara dan bernegosiasi harga dengan supplier China Anda. Forwarder China juga bisa membantu Anda dalam membayar pembelian Anda ke China, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pengiriman uang sendiri. 

Nah, jasa import China juga menawarkan jenis pengiriman LCL. Apa itu LCL? LCL merupakan singkatan dari Less than Container Load (LCL). Maksud dari Less than Container Load adalah Anda tidak perlu lagi meng-import dan mengisi satu kontainer full dengan barang Anda. Pengiriman barang satu container, tidak lagi hanya memuat barang Anda saja, tetapi barang-barang orang-orang lain juga. Ini sesuatu hal yang baik karena Anda tidak direpotkan untuk meng-import dengan menyewa satu container dan meng-import dalam skala besar. 

Banyak sekali pihak-pihak pebisnis pemula yang ingin memanfaatkan keuntungan import yang lebih memilih menggunakan forwarder China dan menggunakan LCL. Ini dikarenakan alasan dengan harga awal yang harus dikeluarkan oleh pebisnis ini jauh lebih kecil ketimbang jika mereka menggunakan jasa FCL (Full Container Load) secara langsung. 

Cara Perhitungan LCL

Bagaimana Cara Forwarder China Menghitung Import LCL? 

Ketika Anda memilih untuk menggunakan LCL, maka Anda harus tahu kepentingan volume barang. Volume yang digunakan untuk LCL bedasarkan pada cubic meter atau lebih dikenal sebagai CBM. Berat 1 CBM sama dengan berat 1 liter. Forwarder China yang berbeda akan menawarkan Anda minimum pengiriman CBM yang berbeda juga. Sebagian jasa ini menawarkan minimum sebesar 1 CBM per pengiriman, ada juga yang menawarkan minimum 0,5 CBM, dan juga bahkan yang sudah tidak ada minimum CBM dalam pengiriman lagi loh. 

Oleh karena itu, ketika Anda ingin menggunakan sebuah jasa forwarder China, Anda juga patut memahami apa itu istilah CBM agar Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Ini juga dikarenakan oleh harga yang ditawarkan forwarder berbeda juga akan berbeda dengan minimum CBM yang berbeda juga. 

Harga per CBM dan minimum CBM hanya lah satu faktor saja ketika Anda harus memilih sebuah jasa import yang terpercaya. Masih banyak faktor lain yang harus Anda lihat juga, seperti asuransi atau garansi dalam pengiriman. 

Tertarik untuk ingin tahu lebih banyak tentang forwarder China dan LCL? 

Apakah Anda seorang pebisnis yang tertarik untuk import LCL? Anda bisa menghubungi VAR Express sekarang! VAR Express siap membantu kebutuhan import Anda setiap saat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *