VAR Express

import china

Import China dan Marketplace nya

Jika Anda perhatikan, sekarang ini import China sedang naik-naiknya. Banyak pihak yang ingin meng-import barang dari negara China oleh karena harga jual yang murah dan ketersediaan barang yang mungkin tidak tersedia dalam negara nya sendiri. Keuntungan import dari China pun ada banyak jika Anda ingin membuka peluang untuk memulai usaha sendiri. 

Sebelum kita membahas marketplace China, mari kita bahas dulu apa arti marketplace. Marketplace merupakan sebuah perantara atau pihak ketiga yang mempertemukan penjual dan pembeli. Online marketplace di Indonesia yang terkenal adalah antara lain Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, dan lain-lain. 

Nah, apa saja marketplace yang tersedia di China? Marketplace di China adalah website-website belanja terkenal seperti Alibaba, 1688.com, dan TaoBao. Sebenarnya masih ada lagi website marketplace yang lain yang bisa Anda gunakan, tetapi ketiga marketplace ini adalah yang paling umumnya digunakan. 

Di artikel ini, marketplace untuk import China yang akan dibahas adalah Alibaba, 1688.com, dan TaoBao

Marketplace China 

Import China Melalui Alibaba

Perusahaan Alibaba adalah salah satu perusahaan China terbesar yang berspesialisasi di e-commerce. Perusahaan Alibaba ditemukan pada tahun 1999 di Hangzhou yang menyediakan servis consumer-to-consumer (C2C), business-to-consumer (B2C), dan business-to-business (B2B). Alibaba merupakan salah satu perusahaan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) terbesar di New York Stock Exchange. 

Alibaba.com merupakan salah satu platform global yang mentargetkan B2B. Platform ini lebih fokus kepada penjualan secara grosir dan internasional. Pilihan bahasa selain bahasa China juga tersedia dalam platform ini. 

Import China Melalui TaoBao 

TaoBao merupakan anak perusahaan dari Alibaba group. Platform ini didirikan sehingga berfungsi mirip seperti platform eBay atau Amazon. Situs ini telah didirkan sejak tahun 2003 dan sekarang telah menjadi pemain utama di pasar elektronik komersial China. 

TaoBao menargetkan B2C dan juga C2C ketimbang B2B, jika dibandingkan dengan Alibaba.com. Situs ini memperbolehkan lelang dan pengaksesan latar belakang penjual. TaoBao merupakan situs yang lebih fokus kepada penjualan secara retail dibanding grosir. Tetapi, TaoBao masih belum mempunyai fitur bahasa lain kecuali bahasa China sendiri. 

Import China Melalui 1688.com 

1688.com juga merupakan anak perusahaan Alibaba group. Platform ini menargetkan model e-commerce seperti Alibaba yaitu B2B. Situs ini menawarkan penjualan barang secara grosir dan bukan retail seperti TaoBao. Barang-barang yang tersedia di 1688.com pun dijual dengan harga yang sangat rendah. Anda bisa membandingkannya dengan harga jual di Indonesia dan terkejut karena bedanya bisa berkali lipat. 

Tetapi, tidak seperti Alibaba yang menawarkan B2B juga, platform 1688.com tidak menyediakan ketersediaan bahasa lain selain bahasa China. 

Anda Masih Bingung Dengan Import China? 

Nah, sekarang setelah membahas marketplace-marketplace China, mungkin Anda masih bingung degan cara kerja import China dan ingin tahu lebih. Yuk, konsultasi dengan forwarder China, VAR Express!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *