VAR Express

importir

Keuntungan Menggunakan LCL Bagi Importir

Sebagai pebisnis ataupun peminat importir, tentu Anda pernah mendengar istilah LCL ini. LCL merupakan singkatan dari jasa less than container load. Arti dari istilah LCL ini bisa diartikan dari namanya sendiri. Yaitu, jenis pengiriman LCL diartikan sebagai muatan kontainer yang lebih sedikit dan Anda tidak perlu lagi menyewa satu kontainer penuh dengan muatan barang import Anda. Terlebih lagi, dikarenakan importir yang menggunakan jasa LCL akan meng-import barang dalam jumlah yang lebih sedikit, maka harga yang ditentukan akan disesuaikan oleh volume atau berat barang import para importir.

Sebagai importir pemula, penggunaan jasa LCL ini pun sangat berguna. Ini dikarenakan oleh pengiriman barang yang bisa mengantarkan lebih dari satu jenis barang dan juga penyewaan kontainer jauh lebih mudah dibanding dengan FCL atau full container load. Dalam LCL, dikarenakan pengiriman barang dilakukan secara kolektif, maka para importir pun harus melewati tahap konsolidasi terlebih dahulu. Konsodilasi merupakan proses pemenuhan kontainer sebelum melakukan pengiriman barang import Anda. Individu atau kelompok yang melakukan konsolidasi disebut sebagai konsolidator.

Proses LCL pun harus melewati beberapa proses selanjutnya seperti stuffing dan stripping. Stuffing merupakan proses dimana barang Anda akan di proses dari supplier Anda memasuki penerima di gudang. Kemudian, stripping merupakan proses dimana barang Anda akan melewati proses import sesampainya di pelabuhan tujuan. Proses-proses ini adalah segala proses import yang para importir harus lewati sehingga consignee atau penerima bisa menerima barang yang telah di import. 

Seperti yang disebut, saat para pebisnis menggunakan jasa LCL, maka biaya harga akan dihitung bedasarkan volume barang yang di import. Maka, perhitungan volume pada pengiriman LCL bedasarkan pada hitungan CBM atau cubic meter. Beberapa jasa import menerapkan minimal pengiriman seperti 1 CBM, sehingga jika Anda meng-import barang dibawah 1 CBM, Anda tetap membayar biaya yang diterapkan untuk 1 CBM. Namun, sekarang Anda sebagai importir juga bisa menemukan jasa-jasa import yang tidak menerapkan minimal pengiriman lagi. 

Oleh karena itu, biaya pengiriman LCL bagi pemula importir akan jauh lebih terjangkau dibanding melakukan pengiriman FCL. Ini dikarenakan oleh perhitungan biaya yang bedasarkan volume atau CBM sehingga pebisnis import pemula dapat melakukan import pada skala yang lebih kecil dan tidak harus meng-import dalam skala besar sekaligus. Ini berguna bagi pebisnis import pemula sehingga modal pertama tidak harus besar. 

Ingin Import LCL? 

Pebisnis Importir Pemula Lebih Memilih LCL 

Seperti yang telah disinggung, pebisnis importir pemula lebih memilih jasa pengiriman LCL sebagai pilihan pertamanya. Oleh karena itu, jika Anda adalah orang yang baru saja masuk ke dalam dunia import, disarankan bagi Anda untuk mencoba jasa LCL terlebih dahulu. Anda bisa menghubungi VAR Express untuk konsultasi lebih lanjut mengenai jasa-jasa LCL ataupun FCL. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *