VAR Express

importir

Seputar Importir: FOB, CNF, & CIF?

Pada saat ini, bisnis yang berhubungan dengan importir sedang lagi melonjak-melonjak nya. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik dengan bisnis importir ini. Pertama-tama, apa itu import? Import merupakan kegiatan dimana suatu pihak membeli barang dari negara lain dan memasukannya ke negara sendiri. Ini yang dimaksud oleh kegiatan import. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah mengapa banyak sekali orang yang tertarik untuk meng-import? 

Sebenarnya ada berbagai alasan mengapa orang-orang ingin meng-import. Salah satu contoh yang sering Anda lihat adalah orang-orang menggunakan jasa importir untuk membantu mereka membeli barang dari China (seperti Alibaba) untuk dijual kembali di Indonesia. Ini merupakan salah satu alasan bisnis yang menjelaskan kenapa begitu banyaknya orang yang ingin memulai bisnis importir. 

Satu alasan lainnya bisa dikarenakan oleh alasan pribadi. Alasan pribadi yang bisa dijadikan contoh adalah ketika seseorang ingin membeli sebuah snack atau makanan instan yang hanya dijual di China. Untuk mendapatkan produk yang diinginkan, orang tersebut harus meng-import nya terlebih dahulu, ini dikarenakan oleh produk yang diinginkan tidak di produksi di Indonesia dan tidak tersedia di tanah air. 

Selanjutnya adalah, ketika Anda sudah tertarik dengan bisnis importir ini, mungkin Anda akan berpapasan dengan istilah-istilah seperti FOB, CNF, dan CIF. Apakah arti dari masing-masing istilah ini? Yuk, coba simak artikel ini lebih lanjut. 

Apa Maksud Dari FOB, CNF, dan CIF? 

Istilah Dalam Dunia Importir: FOB, CNF, dan CIF

FOB (Free On Board/ Freight On Board) 

FOB merupakan singkatan yang lebih mudah dari Free on Board atau juga dikenal sebagai Freight On Board. Maksud dari FOB ini adalah, penjual memiliki kewajiban untuk mengirim barang Anda hanya sesampai di port atau pelabuhan pengiriman. Setelah itu, biaya pengiriman saat barang sudah berada diatas kapal merupakan tanggung jawab pembeli. Inilah arti ringkas dari istilah FOB saat bisnis imporitr.

CNF (C&F; Cost And Freight) 

CNF atau C&F merupakan singkatan dari Cost And Freight. Bedanya CNF dari FOB adalah, penjual akan menanggung biaya perjalanan barang diatas kapal sehingga sampai di port atau pelabuhan terdekat pembeli. Setelah barang tersebut sampai di pelabuhan terdekat pembeli, urusan administrasi serta biaya tambahan lainnya akan diurus oleh pihak pembeli. 

CIF (Cost, Insurance, and Freight)

Dalam dunia importir, CIF merupakan kependekan dari Cost, Insurance, and Freight. Cara kerja CIF sangat mirip dengan CNF. Namun perbedaanya ada pada biaya asuransi yang telah ditanggung oleh pihak penjual. 

Nah, itulah ringkasan singkat dari istilah-istilah importir yang dapat membantu Anda ketika Anda ingin memulai meng-import. 

Tertarik Untuk Memulai Bisnis Importir? 

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai dunia importir dan ingin memulai import, Anda bisa menghubungi VAR Express sebagai jasa import piliihan Anda! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *