Apa Itu Tmall: Pengertian, Kelebihan, dan Macam-Macam Produk yang Dijual

Seiring meningkatnya daya beli dan digitalisasi masyarakat, pasar eCommerce China secara alami tumbuh pesat berkat bantuan inovasi dan teknologi baru mereka yang terus berkembang. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh daya saing pasar serta basis konsumen yang kian menuntut. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai Tmall milik Alibaba, salah satu platform eCommerce terbesar yang ada di China. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda memahami pengertian, kelebihan, serta produk-produk apa saja yang dijual di Tmall.

Apa Itu Tmall?

Didirikan pada tahun 2008 di bawah naungan grup Alibaba, Tmall merupakan anak perusahaan dari Taobao dengan target pasar utamanya adalah B2C (Business-To-Consumer). Meski memiliki kantor pusat di China, namun Tmall memungkinkan berbagai perusahaan, baik lokal China maupun internasional, untuk menjual produk-produk mereka melalui platform ini. Sampai saat ini, Tmall telah menjadi platform eCommerce terbesar yang mampu meraih mayoritas pangsa pasar di China. Bahkan jika dilihat berdasarkan lalu lintasnya, marketplace tersebut berada di peringkat teratas sebagai platform yang paling banyak dikunjungi di China, dengan rata-rata waktu sekitar tujuh menit yang dihabiskan konsumen untuk membuka aplikasi Tmall setiap harinya.

Diperkirakan lebih dari 780 juta komsumen China telah membeli setidaknya sekali melalui Tmall, sehingga tidak mengherankan jika semakin banyak merek-merek internasional yang bergabung dengan Tmall Global. Bahkan pada saat-saat event besar seperti 11.11, platform ini pernah mencetak rekor penjualan dengan menghasilkan 74,10 miliar dolar hanya dalam waktu 24 jam saja.

Apa Keunggulan Tmall Dibanding Marketplace Lain?

  1. Mekanisme pembelian yang familiar: Tmall menggunakan infrastruktur Taobao dan sistem pembayaran Alipay yang sudah sangat familiar bagi pengguna China. Hal ini membuat mereka merasa terbiasa dengan layanan dan mekanisme pembelian yang sudah mereka gunakan selama bertahun-tahun lamanya.
  2. Hanya menerima toko-toko terpercaya: Tidak seperti Taobao, Tmall hanya menerima toko-toko besar yang sudah terverifikasi. Ini memberikan kepercayaan dan jaminan konsumen bahwa produk yang mereka beli merupakan produk original.
  3. Banyak diskon menarik: Untuk mendapatkan perhatian pelanggan, Tmall sering menawarkan diskon menarik dari waktu ke waktu. Selain itu, para pelanggan juga bisa menikmati sistem poin yang dapat ditukarkan ketika mereka akan melakukan check out.
  4. Tersedia pengiriman internasional: Sebagai negara yang dijuluki World’s Market, China telah berhasil memperkuat hubungannya dengan negara-negara lain, memungkinkannya untuk berdagang ke berbagai penjuru dunia. Keuntungan tersebut juga pada akhirnya ​membantu Tmall untuk lebih mudah menjangkau lebih banyak pelanggan dari luar China.

Barang Apa Saja yang Dijual di Tmall?

  1. Pakaian dan produk fashion: Sejauh ini, pakaian dan produk fashion menghasilkan penjualan tertinggi di Tmall. Mulai dari merek-merek mewah seperti Louis Vuitton, Calvin Klein, Chanel, dan Nike hingga merek berkualitas yang lebih terjangkau seperti Uniqlo bisa Anda temukan di platform ini.
  2. Skincare dan kosmetik: Sama halnya seperti produk fashion, berbagai brand skincare dan kosmetik asing seperti L’Oreal, Lancome, dan Kiehl’s memiliki popularitas yang tinggi di Tmall karena dianggap sebagai produk kelas atas yang berkualitas.
  3. Aksesori elektronik: Karena pesaing terbesar Tmall, yaitu JingDong, mengkhususkan diri menjual produk-produk elektronik, Tmall lebih fokus pada penjualan aksesori elektronik dan peralatan elektronik sukender lainnya.
  4. Furnitur: Beragam furnitur dengan desain modern memiliki peminat yang cukup banyak di Tmall. Salah satu produk yang menjadi penjualan utama pada segmen ini adalah sofa ruang tamu, di mana pada tahun 2019 pangsa pasarnya mencapai hingga 38%.
  5. Wine: Tmall telah berkembang pesat menjadi pasar online China terbesar yang menjual produk-produk wine, bahkan juga telah melampaui hasil penjualan dari berbagai negara lain yang sudah lebih lama mengkonsumsi wine seperti Brazil, Inggris, dan Prancis.
  6. Mobil: Sementara produk fashion, kecantikan, dan peralatan rumah tangga memimpin pangsa pasar Tmall, produk-produk unik seperti mobil impor mewah dari Lamborghini dan Mercedes juga dijual di paltform ini.

T​​mall adalah salah satu eCommerce B2C yang menawarkan pasar yang andal, di mana Anda bisa membeli produk-produk original dari brand langsung tanpa perlu merasa khawatir akan mendapatkan produk palsu. Dengan demikian, mengimpor barang dari Tmall dapat membantu para pebisnis impor untuk meraih kesuksesan bisnis karena ada banyak produk berkualitas yang bisa dibeli untuk dijual kembali di negara mereka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *